Lokasi Kampus : Jl. Niaga Raya CBD Block A 11 (Samping Hotel Grand Zuri)

Menerima pendaftaran mahasiswa baru dan mahasiswa pindahan

logo

021 29082747

support@sttdb.ac.id

Kampus B

Cikarang, Jababeka

09:00 - 20:00

Senin s/d Sabtu

logo

021 29082747

support@sttdb.ac.id

Kampus B

Cikarang, Jababeka

09:00 - 20:00

Senin s/d Sabtu

The child has one intuitive aim: self development

Siapkan Kompetensi Generasi Muda, Bulukumba Gandeng LIPI Lakukan Pembinaan Ilmiah

Bulukumba, Humas LIPI. Pemerintah Kabupaten Bulukumba bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyelenggarakan Perkemahan Ilmiah Remaja (PIR) Regional Sulawesi Selatan di Bulukumba pada Selasa-Jumat (17-20/4/2018) di Sanggar Kegiatan Belajar Bulukumba, Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali, mengapresiasi kerja sama dengan LIPI. “Saya ingin anak-anak kita tidak berkhayal. Saya ingin anak-anak kita memiliki sumber daya manusia yang pintar dan produktif,” ujarnya. Menurutnya, kegiatan pembinaan ilmiah ini akan menjadi harapan bagi masa depan di Bulukumba. “Dalam sepuluh tahun bahkan tiga puluh tahun kemudian, akan muncul anak-anak muda Bulukumba yang memiliki kompetensi bagus.”

Sebanyak 125 peserta yang terdiri dari pelajar setingkat SMP, SMA dan guru mendapat kesempatan belajar menjadi seorang peneliti, mulai dari mencari ide, mengambil data hingga mengemasnya dalam sebuah karya ilmiah yang baik. Bertindak sebagai instruktur adalah peneliti dari berbagai pusat penelitian di lingkungan LIPI. Kawasan wisata pantai Bira, pantai Parangluhi, dan Pangkalan Penangkapan Ikan Ponto Bahari menjadi obyek pengambilan data penelitian para peserta PIR kali ini.

Pada kesempatan yang sama, LIPI bersama Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bulukumba menyelenggarakan “Workshop Kerja Sama LIPI-Pemerintah Kabupaten Bulukumba”. Acara ini bertempat di Gedung Pola Pemerintah Kabupaten Bulukumba pada Selasa-Rabu (17-18/4/2018) . LIPI menghadirkan Roni Ridwan dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI yang memberikan materi  pembuatan pakan ternak dari limbah pertanian. LIPI juga menghadirkan pakar mangrove, Kusuma Rahmawati dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, yang memberikan wawasan terkait pengelolaan konservasi mangrove.

Sesi praktek pembuatan pakan ternak dilaksanakan di dusun Kareppekang. Lokasi ini dipilih dengan pertimbangan banyaknya limbah pertanian berupa limbah jagung yg melimpah di Bulukumba yang belum termanfaatkan. Sementara praktek pengelolaan mangrove dilakukan di dusun Luppung. Narasumber memberikan wawasan cara tanam yg benar untuk mangrove dalam upaya mencegah abrasi.

Menurut Kepala Bagian Humas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia kegiatan pembinaan ilmiah dalam bentuk Perkemahan Ilmiah Remaja dan workshop merupakan bagian dari tugas LIPI dalam pemasyarakatan ilmu pengetahuan. “Kegiatan ini merupakan langkah efektif agar masyarakat terbiasa dengan kegiatan dan pola pikir ilmiah,” katanya. (agn,gus/ed: fza)

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dwie Irmawaty Gultom S.I.P., M.Si.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You must be logged in Log in »